Semarak Perhelatan Menyambut Hari Lahir Forshei ke 13

Semarang, 18 Juni 2021 – Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang tepat memasuki usia 13 tahun pada 31 Mei 2021. Serangkaian acara diselenggarakan guna menyemarakkan perhelatan dengan tema “Adaptive be Creative” yang mencerminkan forshei sebagai wadah yang berkapabilitas adaptif dan kreatif dalam berproses. Agenda diawali dengan pelaksanaan Tasyakuran Hari Lahir (Harlah) forshei pada Senin, 31 Mei 2021 bertempat di Joglo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang sekaligus secara virtual melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh kader forshei 2018, 2019, dan 2020, Majelis Pertimbangan Forshei (MPF), serta Keluarga Alumni (KA) forshei. Kegiatan tasyakuran diharapkan dapat menjadi ajang menjalin keakraban sesama kader dan menumbuhkan semangat demi forshei yang lebih baik.

Kemudian agenda kedua forshei membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk berpikir kritis melalui penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional bertemakan “Percepatan Digitalisasi UMKM Halal sebagai Ikhtiar Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi”. Kegiatan pendaftaran dan penyeleksian terhitung berlangsung selama satu bulan mulai dari 17 April hingga 16 Juni. Kegiatan perlombaan terhimpun dari dua tahap yaitu seleksi karya tulis dan tahap presentasi bagi 8 finalis LKTI yang lolos. Tahap presentasi dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada 14 Juni dan para pemenang diumumkan pada 16 Juni 2021 bertepatan dengan Seminar Nasional Harlah forshei. Adapun juara pertama, kedua, dan ketiga ialah tim Naila Aulia (Universitas Diponegoro), tim Safira Nurdiana (UIN Walisongo Semarang), dan tim Rahmat Muzandi (Universitas Trunojoyo Madura).
Agenda ketiga merupakan Talkshow Bedah Majalah Falah forshei Edisi 13 bertajuk “Refleksi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Masa Kini” pada Selasa, 15 Juni 2021. Acara yang dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting dan dihadiri 56 peserta ini turut mengundang Saudari Ferina Hotifa Sari selaku Pimpinan Redaksi Majalah Falah Edisi 13 dan Ibu Masnuah yang merupakan Ketua KADIN Kabupaten Demak sebagai salah satu narasumber. Acara bedah majalah diharapkan dapat mengangkat perspektif baru yang lebih ramah terhadap diri perempuan, bahwa perempuan juga berdaya dalam memberikan kontribusi khususnya terhadap perekonomian Indonesia.
Seminar Nasional bertemakan “Percepatan Digitalisasi UMKM Halal sebagai Ikhtiar Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi” menjadi agenda terakhir sekaligus puncak perhelatan hari lahir forshei ke 13. Seminar dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Rabu, 16 Juni 2021 dan dihadiri oleh 172 peserta. Acara ini turut mengundang Bapak Mustafa, ST, MM, M.Kom. dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Bapak Lambok Pardede selaku CMO Startup Starchain, dan Bapak Saptuari Sugiharto selaku Founder Kedai Digital Corp, Owner JOGIST (Jogja Istimewa), serta Provokator Entrepeneur sebagai Pembicara. Seminar Nasional ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat terkait digitalisasi UMKM.
Memaknai usia forshei ke 13 tahun diharapkan dapat lebih inovatif, kreatif, dan adaptif. “Mudah-mudahan forshei dapat lebih berinovasi, creative, dan adaptive terhadap perubahan untuk bersama membumikan ekonomi islam serta menghasilkan kader yang kompeten dalam bidangnya,” terang Sulton Ulumudin (Ketua Umum forshei).


Salsabila Dhiya Alriye
(Kader forshei 2019)

Post a Comment

0 Comments