Kuliah Online Memang Banyak Ceritanya, Ini Dia!


Nggak terasa sudah cukup lama negri ini diserang pandemi covid-19 yang
hingga saat ini belum juga usai. Pemerintah pun memberikan himbauan untuk melakukan social distancing atau jaga jarak dan juga himbauan di rumah aja. Hal tersebut membuat beberapa kegiatan harus dikerjakan dari rumah termasuk kegiatan perkuliahan. Banyak perguruan tinggi mengubah metode perkuliahan yang awalnya luring menjadi daring. Selain itu, kegiatan di area kampus dibatasi karena ancaman wabah Covid-19, jadi kita harus melakukan semuanya dari rumah. Tidak semua hal yang dikerjakan dari rumah bisa menjadi lebih efektif. Mungkin banyak di antara kita yang udah mulai bosan dan malas untuk melakukan perkuliahan online di rumah. Selama kuliah online ini aku ngerasain banyak hal, mulai dari suka sampai duka, pasti kalian juga kan! Berikut suka dukaku saat kuliah online:

Duka Kuliah Online
1. Kondisi Internet Berbeda-beda
Kendala ini yang paling sering dirasakan saat sedang kuliah online. Kondisi internet di tiap daerah pastinya berbeda-beda. Bagi mahasiswa yang tinggal di daerah perkotaan mungkin akses internet tidak menjadi persoalan. Tapi, untuk mahasiswa yang tinggal di daerah dengan akses internet yang minim, ini akan menjadi persoalan yang cukup memusingkan.

2. Kuota Menipis
Ini salah satu kendala yang paling utama saat kuliah online. Karena sulitnya di masa sekarang untuk mencari uang apalagi untuk membeli kuota, sampe terkadang ada yang rela numpang-numpang kuota dan wifi gratisan demi bisa mengikuti kegiatan kuliah online.

3. Kuliah Nggak Kondusif
Penggunaan berbagai macam aplikasi ‘baru’ untuk kuliah online membuat mahasiswa dan dosen kebingungan. Baik mahasiswa ataupun dosen harus memahami dengan baik pengoperasian aplikasi biar kuliah bisa berjalan dengan lancar, tapi nggak semuanya bisa dengan mudah memahami. Selain itu, suasana rumah yang terkadang tidak dapat diprediksi dapat menyebabkan suasana kuliah semakin nggak kondusif.

4. Tugas Jadi Lebih Banyak
Akibat sulit dan kurang mengertinya pengoperasian medianya, banyak dosen yang mengganti kuliahnya dengan memberikan mahasiswanya banyak tugas. Akibatnya jumlah tugas kuliah jadi menumpuk dan nggak sebanding dengan pelaksanaan kuliahnya.

5. Beberapa Dosen Nggak Kasih Feedback
Karena sulitnya proses komunikasi saat kuliah online, banyaknya tugas yang diberikan dosen tanpa adanya feedback. Hal ini seakan cuma formalitas semata bagi sebagian dosen, memberikan tugas, dikumpulkan, setelah itu diberikan tugas lagi tanpa adanya penjelasan mengenai tugas tersebut. Mahasiswa pun dianggap seakan-akan udah mengerti dan menguasai semua materinya.

Suka Kuliah Online
Di sisi lain ternyata kuliah online juga ada sukanya loh. Ini dia beberapa keuntungan yang bisa didapetin saat kuliah online:
1. Belajar teknologi
Pengggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran udah sering dilakukan bukan cuma saat masa kuliah online ini. Tapi, lain halnya dengan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom dan lain sebagainya yang masih jarang digunakan karena sebelumnya masih mengandalkan pembelajaran tatap muka. Namun, adanya kuliah online ini membuat mahasiswa dan juga dosen sama-sama belajar untuk menggunakan teknologi tersebut supaya kuliah online berjalan dengan maksimal tanpa kendala.

2. Bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun
Kuliah online bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kita bisa melakukan kuliah online di tempat tidur, di depan rumah, atau di mana pun tempatnya. Waktu perkuliahannya pun fleksibel sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan dosennya. Tapi, kita tetap harus ingat akan kesopanan terhadap dosen dan teman-teman lainnya, ya!

3. Nggak perlu berdandan rapi
Biasanya saat hendak pergi kuliah pasti sibuk memikirkan baju apa yang akan kita pakai, dan juga sibuk berdandan (terutama kaum perempuan nih). Tapi, saat kuliah online kita sangat diuntungkan karena nggak perlu melakukan hal tersebut. Orang-orang nggak akan menyadari kita udah mandi atau belum, apalagi soal dandan hehe.
Nah, itu tadi pembahasan tentang suka dan duka dari melakukan kuliah online. Meskipun kuliah online kadang membosankan dan diliputi banyak kekurangan tapi juga bisa memberikan pengalaman dan pelajaran baru. Jadi, jangan sampai pandemi menjadi penghambat untuk tetap produktif ya guys. Tetap semangat menjalani kuliah online ini dan semoga pandemi Covid-19 segera berakhir!


Sumber Gambar: sevima.com

Penulis: Nurul Fajriatussaadah

Post a Comment

0 Comments