Apa Aja Sih Kegiatan Rutin Forshei?

Sebagai mahasiswa baru di UIN Walisongo Semarang, tentunya masih ada beberapa orang yang bingung dalam memilih organisasi kemahasiswaan baik intra maupun ekstra. Setiap organisasi pasti menawarkan kelebihannya masing-masing. Sebagai mahasiswa baru tentunya harus pintar dalam memilih organisasi sesuai dengan bidang yang diminatinya. Berorganisasi sendiri dapat menjadikan mahasiswa lebih aktif dan berprestasi. Salah satu organisasi terkeren dan terkece di UIN Walisongo Semarang menurut saya yaitu forshei, organisasi ini dapat membantu kita meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.


Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang fokus dalam bidang kajian Ekonomi Islam. Forshei dikenal karena memiliki segudang prestasi yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, forshei dapat dijadikan wadah untuk belajar sesama kader dan berproses bersama dalam mengembangkan potensi diri.

Tidak dapat dipungkiri, tiap mahasiswa pasti ingin meraih banyak prestasi semasa kuliah. Prestasi itu tidak tentang akademik saja melainkan softskill juga penting dalam menunjang masa depan. Berbagai cara perlu dilakukan agar prestasi yang kita inginkan dapat tercapai seperti bergabung dalam organisasi. Forshei sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan dapat berperan dalam membantu mahasiswa untuk mengembangkan berbagai potensi dan prestasinya melalui berbagai kegiatannya.

Berikut beberapa kegiatan forshei yang dapat membantu maba mengembangkan potensi diri diantaranya yaitu:
a.      Diskusi primer
Diskusi primer merupakan agenda rutin forshei yang diselenggarakan 2 kali dalam seminggu. Pada kegiatan ini akan membahas materi yang berbeda-beda di setiap pertemuan. Banyak dari kader forshei mengaku dengan adanya diskusi primer ini bermanfaat bagi perkuliahan. Alasannya yaitu materi yang dibahas di diskusi primer merupakan materi yang akan dibahas saat jam kuliah. Selain membahas materi seputar Ekonomi Islam, diskusi ini juga mengajak para kader untuk berfikir kritis tentang isu ekonomi yang sedang tren dan aktif berinteraksi sesama kader forshei, sehingga dapat mengolah mindset terhadap suatu topik yang dibahas. 

b.      For Accounting
For Accounting merupakan kegiatan rutinan yang diadakan satu kali dalam seminggu, Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru yang ingin belajar lebih mengenai akuntansi. Mulai dari pengenalan apa itu akutansi, ilmu-ilmu dasar akuntasi dan lain sebagainya. Tentunya hal ini menguntungkan bagi mereka yang ingin belajar bersama tentang akuntansi. 

c.       ForRead (Forshei Reading)
ForRead merupakan salah satu agenda yang berkaitan dengan membaca buku yang diadakan 1 minggu sekali. ForRead rutin diadakan untuk meningkatkan minat baca dan literasi para kader serta pemahaman terkait materi kuliah. Diharapkan dengan adanya ForRead dapat menumbuhkan kecintaan untuk membaca sehingga informasi dan materi yang didapat lebih valid. 

d.      Forji (Forshei Mengaji)
Forji merupakan kegiatan religi dari forshei yang diadakan 2 minggu sekali. Biasanya di kegiatan ini kader diajak untuk mengkaji kitab yang berkaitan dengan dasar hukum Islam seperti kitab Bulughul Maram serta kitab Fathul Qorib. Selain mengkaji kitab terserbut, di forji juga mengajak untuk menelaah hukum-hukum yang terdapat dalam kitab tersebut. 

Selain beberapa kegiatan di atas yang memberikan manfaat, masih banyak lagi kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan softskill maupun hardskill. Kita bisa belajar dan sharing sesama anggota tentang kepenulisan, desain grafis, video grafis, kewirausahaan dan masih banyak lagi. Tentunya menarik bukan? Yuk gabung dengan forshei.
 

Sumber Gambar: Kompasiana.com

Penulis: Qurroti A'yun

 

Post a Comment

0 Comments