Ini Dia Sefruit Tips Belajar Produktif Anti Gabut di Kala Pandemi

Sejak kemunculannya setahun lalu, Pandemi Covid-19 masih menjadi momok yang membatasi kita untuk beraktivitas di luar rumah. Himbauan #dirumahaja hingga aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menimbulkan transisi pada pola komunikasi kita menjadi serba online, termasuk dalam melakukan kegiatan perkuliahan. Hal ini tentu membawa tuntutan tersendiri bagi mahasiswa untuk siap beradaptasi di samping tetap eksis menjalani peran sebagai pembelajar yang produktif.

Pandemi tidak semestinya membuat kita lupa untuk memberi asupan positif terhadap diri melalui berbagai kesempatan yang ditawarkan. Di samping mengikuti kelas online ada banyak hal yang bisa kita explore untuk mengisi waktu luang selama menghadapi pandemi. Berikut adalah beberapa hal positif yang bisa dilakukan agar hari-hari kita tetap produktif sebagai mahasiswa.

1. Gunakan media sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan teknologi telah melekat pada diri mahasiswa yang identik dengan sapaan millennials ataupun Gen Z. Instagram, twitter, facebook hingga tiktok bukan hal yang asing di telinga. Bahkan dalam keseharian produk-produk teknologi tersebut kerap kita gunakan sebagai media komunikasi ataupun hiburan. Namun perlu diketahui bahwa media sosial juga memiliki peran sebagai media informasi. Saat ini ada banyak account yang siap menjembatani kita untuk menghadiri berbagai acara webinar, kegiatan pelatihan dan internship, menjadi anggota volunteer hingga ikut berkontribusi sebagai campaigner isu-isu sosial yang kritis di media sosial. Dikarenakan pandemi berbagai kesempatan itu dilaksanakan secara online dan dapat disesuaikan dengan jadwal masing-masing sehingga tidak menganggu waktu perkuliahan.

2. Asah skill terpendam

Punya banyak waktu luang yang meng-gabut-kan bisa menjadi kesempatan bagus untuk kita belajar hal baru termasuk meningkatkan skill. Melalui konten youtube dan pelatihan gratis yang kerap digelar oleh berbagai platform seperti revou.co, harisenin.com, dan sertifikasiku.com kita berkesempatan mendapat banyak insight baru dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya seperti digital marketing, desain grafis, konselor pajak, analis pasar modal, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat memberi gambaran nyata mengenai rules, tips, cara kerja, dan skills yang harus dikembangkan di dunia karir yang pastinya sangat membantu mahasiswa nantinya.

3. Bangun self-branding dan perkaya networking

Pandemi tidak membatasi kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dunia maya. Sehingga penting untuk belajar membangun  networking  yang luas secara online. Melalui grup whatsapp webinar, pelatihan, volunteer, hingga intership kita dapat bertukar sapa dan saling save kontak sebagai langkah awal untuk membangun relasi. Di samping itu kita mempunyai kesempatan untuk saling terhubung di linkedIn sebagai platform networking di dunia profesional. Dalam platform tersebut kita dapat membagikan pengalaman mengikuti lomba, webinar, pelatihan, internship, dan sebagainya. Hal tersebut menjadi penting untuk mem-branding diri dan sebagai persiapan awal kita untuk terjun di dunia karir.

Itulah tiga tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga diri agar tetap produktif di kala pandemi. Pada dasarnya hal terpenting terletak pada komitmen diri sendiri untuk menjadi lebih baik di setiap harinya. Menjadi mahasiswa adalah menjadi pembelajar, sehingga penting untuk selalu membekali diri dengan hal-hal yang bermanfaat. Selamat berproses!


Sumber gambar: pikiran-rakyat.com

Penulis: Salsabila Dhiya Alriye

Post a Comment

0 Comments