Berupaya Tingkatkan Penalaran Isu Ekonomi Mahasiswa, Forshei Adakan Lomba Video Opini Nasional

Semarang, 23/10/2021- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Lomba Video Opini (LVO) tingkat nasional sebagai tindak lanjut dari kegiatan Sharia Training, Economic and Knowledge (STREAK) yang berlangsung pada 23 Oktober 2021. Lomba video opini kali ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi dengan mengusung tema “Menalar Pasang Surut Isu-Isu Ekonomi Kontemporer”.

Acara pembukaan lomba dimulai pada pukul 08.15 WIB dengan bacaan basmallah bersama yang dipandu oleh saudari Shinta Maharani selaku MC. Kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI. Acara selanjutnya adalah sambutan, yang disampaikan oleh saudara Bagas Siwi Wicaksono selaku ketua umum forshei, sebagaimana yang saudara sampaikan bahwasannya dengan adanya acara ini diharapkan supaya peserta dapat lebih peka dan lebih kritis terhadap isu-isu ekonomi kontemporer.

Lomba video opini diikuti oleh 5 tim yang telah masuk lima besar. Kelima finalis lomba video opini nasional yang telah lolos dari babak penyisihan mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri yaitu Ibu Elysa Najachah dan Kak Millaturrocmah. Sebelum memulai sesi presentasi dan tanya jawab oleh masing-masing peserta, Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku moderator terlebih dahulu menyampaikan mekanisme perlombaan dengan ketentuan setiap tim mempresentasikan opini mereka dihadapan dewan juri dengan media power point dengan masing-masing peserta diberikan waktu maksimal 20 menit, dengan ketentuan 5 menit pertama ditujukan untuk pemaparan materi dan 15 menit terakhir ditujukan untuk sesi tanya jawab.
Memasuki acara inti yaitu sesi presentasi yang dimulai dari nomor urut pertama dari tim Fariz Naufal Susanto (UIN Walisongo Semarang). Urutan kedua dari tim Zahra Hafizha Rahma (Universitas Gadjah Mada). Urutan ketiga dari tim Syifa Addin Alkhfidh (UIN Walisongo Semarang). Urutan keempat dari tim Putri Nur Handayani (UIN Walisongo Semarang). Dan nomor urut undian terakhir lebih tepatnya urutan kelima dari tim Dian Atika Zulfiana (UIN Walisongo Semarang).

Acara berlangsung dengan lancar dan diharapkan acara ini dapat membangkitkan serta menginspirasi mahasiswa untuk berpikir kritis mengenai perekonomian baik islam maupun kontemporer, terkhusus isu-isu ekonomi kontemporer yang mana bersesuaian dengan tema yang diusung. Adapun pengumuman pemenang akan disampaikan dalam acara kelas asah skill yang diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2021.

Anggi Nofita Sari
(Kader forshei 2020)

Post a Comment

0 Comments