Adakan Talkshow Kepenulisan, Forshei Harap Mampu Tingkatkan Kreativitas di Bidang Kepenulisan

Semarang, 19/11/2021- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang selenggarakan talkshow kepenulisan dengan mengusung tema “Menuangkan Ide-Ide Dalam Meningkatkan Kreativitas di Bidang Kepenulisan”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021 bertempatkan di Gedung Teater IsDB, Fakultas Hukum dan Syariah, UIN Walisongo Semarang. Acara ini turut mengundang Bapak Baghas Heradhayaksa, S.H., LL.M. dan Saudari Devi Nur Havifah, S.E. sebagai pemateri.

Pembukaan acara talkshow kepenulisan dimulai pukul 08.30 WIB oleh saudari Irma Ryandingtyas selaku MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara M. Abdul Mu’iz. Kemudian disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI. Acara selanjutnya adalah sambutan, yang disampaikan oleh M. Fariq Haikal selaku Wakil Ketua Umum Forshei. Dalam sambutan disampaikan bahwa dengan diadakannya talkshow kepenulisan ini diharapkan generasi muda terutama mahasiswa mampu menumbuhkan semangat serta dapat lebih kreatif dalam menuangkan idenya melalui kepenulisan. Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Alif Hayes.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi yang disampaikan oleh pembicara yang dipandu oleh saudari Widya Aprilianingrum, selaku moderator. Materi pertama disampaikan oleh Saudari Devi Nur Havifah, S.E. Dalam kesempatan kali ini, Saudari Devi menyampaikan bahwasannya menulis merupakan upaya untuk menggambarkan ide, pikiran, dan keterampilan seseorang. Sebagai seorang mahasiswa keterampilan dalam dalam menulis sangat dibutuhkan terutama dalam hal pembuatan tugas kuliah dan tugas karya ilmiah lainnya. Dalam penyampaiannya Saudari Devi juga menyampaikan bahwa dalam menulis tema yang diangkat harus relate dengan permasalah saat ini, serta dalam karya tulis setiap paragraf harus saling terkait dan memiliki benang merah.

Setelah penyampaian materi pertama, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Dalam sesi ini banyak peserta talkshow kepenulisan yang menunjukkan antusias mereka dalam menanggapi topik yang disampaikan oleh pemateri pertama. Dalam sesi ini, saudara Hanif menanyakan terkait bagaimana standar baku dalam pembuatan atikel, penentuan referensi, serta penggunaan opini dalam dalam penulisan artikel. Dari pertanyaan tersebut saudari Devi menyampaikan dalam menulis artikel harus berdasarkan pada referensi dari situs yang kredibel, serta seorang penulis artikel juga harus sering membaca, dengan begitu penulis dapat mengetahui bagaimana pola kepenulisan serta dapat menunjukan gaya penulisan yang unik dari diri seorang penulis.

Acara selanjutnya disambung dengan penyampaian materi kedua, yang disampaikan oleh Bapak Baghas Heradhayaksa, S.H., LL.M. Beliau menyampaikan bahwa seseorang dalam hal menulis harus disertai dengan passion, karena dengan adanya passion penulis akan lebih nyaman dalam melakukan project menulis. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa dalam penulisan karya ilmiah memiliki dua kunci yaitu permasalahan dan temuan. Sebagaimana yang dimaksud permasalahan dan temuan disini yang akan diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Penulisan karya ilmiah juga harus didasari referensi dari situs resmi seperti OJK, BPS, dan lain sebagainya.

Seusai penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Baghas Heradhayaksa, S.H., LL.M. moderator pun memandu sesi tanya jawab sebagai bentuk interaksi antara pemateri dengan peserta talkshow. Dalam kesempatan ini, salah satu peserta talkshow kepenulisan bertanya mengenai apakah dalam membuat karya ilmiah harus melakukan studi lapangan. Dari pertanyaan tersebut, Bapak Baghas memberikan tanggapannya sebagimana dalam menulis karya ilmiah tidak harus melakukan studi lapangan. Dalam mengambil objek kajian dapat menggunakan penelitian empiris.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Saudari Devi Nur Havifah, S.E. selaku pemateri pertama beserta Bapak Baghas Heradhayaksa, S.H., LL.M. selaku pemateri kedua, sebagai wujud terima kasih atas ilmu yang beliau berikan kepada kami melalui acara talkshow kepenulisan ini.

Dengan adanya talkshow kepenulisan ini diharapkan mampu mengedukasi serta memotivasi kalangan muda terutama mahasiswa untuk lebih semangat dan kreatif dalam menuangkan ide-idenya melalui bidang kepenulisan.

Anggi Nofita Sari 

(Kader 2020)

Post a Comment

0 Comments