KONSEP DASAR EKONOMI KONVENSIONAL VS ISLAM


 

A. Konsep Ekonomi Konvensional

     Pengertian Ekonomi menurut Xenophon berasal dari Bahasa Greek yakni Oikosnomos yang berarti Pengatur Rumah Tangga (Muhammad Doddy AB & Tim Penulis Gema Media, 2013). Ilmu ekonomi adalah Ilmu memilih, karena mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihannya. ilmu ekonomi mempelajari prilaku individu dan masyarakat dalam mengelola/mengatur sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang) dalam meningkatkan kualitas hidupnya (Bimbingan Belajar Ganesha Operation, 2021).

     Ruang lingkup ekonomi ada dua, yaitu mikroekonomi dan makroekonomi. Mikroekonomi mempelajari perilaku individu contohnya penetapan harga, elastisitas, optimalisasi produksi, dll. Sedangkan makroekonomi mempelajari perilaku secara agregat, global, keseluruhan. Contohnya inflasi, perumbuhan ekonomi, kemiskinan, dll (Sadono Sukirno, 2016).

     Masalah pokok ekonomi ada tiga, yaitu:

1.      What

Yaitu menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, berapa jumlah yang harus diproduksi.

2.      How

Yaitu bagaimana seorang produsen menentukan tingkat produksi, dan memilih serta menggunakan factor-faktor produksi yang meninimumkan biaya dan memaksimumkan keuntungan baginya.

3.      For Whom

Yaitu untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi, bagaimana distribusi pendapatan untuk masing-masing factor produksi (Bimbingan Belajar Ganesha Operation, 2021).

     Dalam ekonomi konvensional, dikenal dua sistem ekonomi yang mendominasi, yaitu Ekonomi Kapitalis dan Ekonomi Sosialis.

1.      Sistem ekonomi kapitalis salah satu tokohnya adalah Adam Smith, lebih menekankan kebebasan individu dan cenderung Profit Oriented.

2.      Sistem ekonomi sosialis salah satu tokohnya adalah Karl Mark, lebih menekankan pada kesejahteraan Bersama dan tidak ada pemilik mutlak.

    

B.  Konsep Ekonomi Islam

     Tahun 1997-1998 merupakan tahun badai dalam sistem moneter dan perbankan Indonesia. Rupiah terpuruk ditelan dolar, yang kian hari kian melambung tinggi. Sementara dalam sistem perbankan, kasus terlikuidasinya dan pembekuan operasi bank sering kali terjadi. Dengan adanya Krisis tersebut membuat nasabah berbondong menarik uangnya yang ada di perbankan sehingga sistem perbankan semakin terpuruk. sistem konvensional (kapitalis dan sosialis) tidak bisa mengatasi masalah tersebut, sedangkan ekonomi Islam ketika menghadapi krisis tersebut masih dapat berjalan dengan baik. Sehingga dicari akar permasalahannya. Dalam buku Muhamad tentang moneter islam ekonomi bisa terhindar dari krisis jika sesuai dengan falsafah hidup dari negara yang dianut. Di dalam sistem ekonomi uang dan perbankan memiliki peranan penting. Ada tulisan yang mengatakan: “Jika ingin menguasai perekonomian suatu bangsa maka kuasailah sistem perbankannya.” (Muhamad, 2018)

     Ilmu Ekonomi islami adalah ilmu tentang perilaku pilihan dan pengambilan keputusan individu/masyarakat dalam mengelola dalam setiap unit ekonomi (faktor produksi, distribusi, serta pemanfaatan barang dan jasa) dengan memasukkan tata aturan syariah sebagai (variabel independent) ikut memengaruhi segala pengambilan keputusan ekonomi (Kitab Sakti FoSSEI, 2019).

     Kaidah fiqih muamalah adalah Al-ashl fi al-mu'amalah [ghayr al-'ibadah] al-ibahah, illa idza ma dalla al-dalil ala khilafihi, yakni “suatu perkara muamalah pada dasarnya diperkenankan (halal) untuk dijalankan, kecuali jika ada bukti larangan dari sumber agama (Kitab dan Sunnah)"(Ir. Adiwarman A. Karim, 2018).

NO

FONDASI EKONOMI ISLAM

PRINSIP EKONOMI ISLAM

1

TAUHID

PRINSIP TAUHID (KE-ESA-AN TUHAN)

2

MASLAHAH DIRUMUSKAN: MATERI + AMAL SHOLEH

 

PRINSIP ‘ADL (KEADILAN)

3

MANUSIA

PRINSIP NUBUWWAH (KENABIAN)

4

FALAH

PRINSIP KHILAFAH

5

ZISWAF

PRINSIP MA’AD (HASIL)

6

TECHNOLOGICAL CONSTRAINT, AKHLAK CONTROL ON CONSUMPTIONAND PRODUCTION

 

 

 

C.  Perbedaan Ekonomi konvensional dan Islam

 

 

EKONOMI KONVENSIONAL

EKONOMI ISLAM

BERSIFAT

POSITIVISTIK

AL-QUR’AN DAN HADITS

TUJUAN

PROFIT ORIENTED (DUNIAWI)

FALAH ORIENTED (DUNIA DAN AKHIRAT)

MOTIF

KEINGINAN (WANT)

KEBUTUHAN (NEED)

PRINSIP

SCARCITY

GOAL ORIENTED DICIPLIN

KEPEMILIKAN

KEBEBASAN INDIVIDU

MILIK ALLAH

RASIONALITAS

RATIONAL ECONOMICS MAN

ISLAMIC ECONOMIC MAN

KEUNTUNGAN

BUNGA

BAGI HASIL

DISTRIBUSIK KEKAYAAN

PEMILIK MODAL

ZISWAF

 

Referensi

Bimbimbingan Belajar Ganesha Operation. (2021). Revolusi Belajar KODING Ekonomi Simulasi UTBK SBMPTN

A. Karim Adiwarman. (2018). Ekonomi Mikro Islam.

Family Pirates. (2019). Kitab Sakti FoSSEI.

Muhamad. (2018). Ekonomi Moneter Islam.

Doddy AB Muhammad, & Tim Penulis Gema Media. (2013). Menguasai IPS Sistem Kebut Semalam. 

Sukirno. Sadono (2016). Mikroekonomi Teori Pengantar.

 Sumber gambar : idxchannel.com

Penulis : Widya Dewi Fortuna

(Kader 2021)

Post a Comment

0 Comments