Persami Rintis Program Unggulan, Bangkitkan Ekonomi Lokal Halal Menuju Kompetensi Global

Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) berupaya mendorong partisipasi kaum muslimah di Indonesia dengan merintis program unggulan Ekonomi Lokal Halal. 

Persami menjadi salah satu penggerak utama dalam pembangunan ekonomi industri ditanah air melalui program penggerakan UMKM agro produksi pangan Halal untuk menyambut Indonesia sebagai pusat Halal dunia. Pergerakan Persami didasarkan kepada produktivitas kerja, baik dalam bidang barang maupun jasa,

Menurut penuturan anak dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yaitu Siti Nur Azizah Ma’ruf yang menjadi ketua umum dari persami bahwasanya Persami tengah meritis jalan untuk membangkitkan ekonomi lokal yang Halal menuju kompetensi global. 

Saat ini, Persami juga telah tersebar dibanyak provinsi, dan membangun jejaring di banyak negara. Targetnya supaya Indonesia menjadi pusat produk Halal dunia. Persami mengajak masyarakat dari zona nyaman bergerak ke zona baru, juga mengajak komunitas yang selama ini terpinggirkan menuju arah tengah, dengan kemampuan mengakses kesejahteraan secara lebih baik melalui strategi sosiopreuneurship.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Persami telah membentuk enam program unggulan, mulai dari Halal di jaringan digital, berlanjut ke festifal produktivitas rumah tangga, menyediakan rumah inovasi produk Halal, pangan Halal yang berasal dari bahan baku lokal di setiap daerah, sampai adanya sinergitas dengan produk Internasional. 

Dengan menggunakan slogan Go Halal dan Go Global, persami menggerakan perempuan sebagai benteng ekonomi. Juga mengembangkan literasi Halal bagi masyarakat, sebab Halal bukan sekedar syar’i tetapi juga harus berkualitas baik. 

Persami siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan ekonomi berbasis sistem Halal, dan mengentaskan kemiskinan ekstrim di Indonesia. Sebagai langkah awal, Persami telah melakukan ekspor perdana sebanyak 12.000 tanaman hias ke Turki. Yakni dengan menggandeng dan mengorganisir petani diberbagai wilayah, sehingga tanaman yang layak ekspor, akan langsung difasilitasi. 

Dalam kesempatan yang sama Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa menjadi pedagang merupakan profesi yang mulia, karena dapat memberikan banyak manfaat kepada diri sendiri, orang lain, hingga bangsa dan negara. Selain itu beliau berharap Persami dapat mendorong perubahan pemikiran dikalangan pemuda, agar semakin banyak yang berminat menjadi pengusaha-pengusaha sukses dan inovatif, tidak berlomba-lomba untuk menjadi pegawai saja. Persami diminta untuk aktif mendorong akselerasi sertifikasi Halal, terutama bagi produk pangan Halal Nasional, agar mampu menembus pasar global. 


Sumber: www.liputan6.com

Penulis: Siti Kalimah (Kader Forshei 2022)


Post a Comment

0 Comments